
Pengertian Konstanta
Konstanta adalah entitas yang memiliki nilai yang tidak dapat dirubah selama program berjalan. Konstanta harus dideklarasikan pada bagian deklarasi const. Nilai pada konstanta juga harus ditetapkan pada bagian tersebut, dan nilai-nilai tersebut harus bertipe
- Char
- Integer
- Pointer
- Real
- Set
- String
Format/Syntax konstanta pada bahasa pemrograman pascal adalah sebagai berikut.
const
identifier1 = value;
identifier2 = value;
identifier3 = value;
Contoh Deklarasi Konstanta
Sebagai contoh, berikut berbagai deklarasi konstanta dalam berbagai tipe data.
const
pi = 3.1415926535897932;
usia = 20;
nama = 'John Doe';
grade = 'A';
Contoh Penggunaan Konstanta dalam Program
program hitungLuasLingkaran;
const
pi = 3.1415926535897932;
var
r:real=23;
l:real;
begin
l := pi * r * r;
writeln('Luas Lingkaran = ', l:0:2);
readln();
end.

Pengertian Variabel
Variabel hampir sama dengan konstanta, hanya saja nilai pada variabel dapat berubah selama program berjalan. Variabel harus dideklarasikan pada awal program (bagian deklarasi var), masing-masing variabel harus memiliki tipe data. Format/Syntax deklarasi suatu variabel adalah sebagai berikut
var
(* Deklarasi variabel dengan penetapan nilai di awal *)
identifier1 : tipe_data = nilai;
(* Deklarasi variabel dengan penetapan nilai di akhir/main program *)
identifier2 : tipe_data;
Contoh Deklarasi Variabel
var
(* Deklarasi variabel dengan penetapan nilai di awal *)
hargaAwal : integer = 12000;
namaPenulis : string = 'Alex Rins';
nilai : char = 'A';
(* Deklarasi variabel dengan penetapan nilai di akhir/main program *)
namaAyah : string;
luasSegitiga : real;
nilaiRataan : integer;
Contoh Penggunaan Variabel dalam Program
program biodata;
var
nama:string;
usia:integer;
(* Variabel yang nilainya langsung dideklarasikan *)
alamat:string='Jl. Veteran no. 48 Meikarta';
begin
(* Cara penetapan nilai variabel dalam progam *)
nama := 'Setyono Nova Ananto';
usia := 57;
writeln('NAMA : ',nama);
writeln('USIA : ',usia);
writeln('ALAMAT : ',alamat);
readln();
end.

Simbol Assigment
Kita telah melihat contoh-contoh penggunaan variabel dalam pascal, kita juga tahu bahwa nilai dari variabel dapat berubah-ubah selama program berjalan. Sebaiknya kita juga tahu tentang simbol assignment, simbol assignment adalah simbol yang digunakan untuk menetapkan nilai baru terhadap sebuah variabel. Simbol assignment dalam bahasa pemrograman pascal diwujudkan dengan :=
. Nilai yang ada pada variabel akan mengikuti nilai yang terakhir ditetapkan/diberikan pada variabel tersebut.
program assignSimbol;
var
nilai:integer;
begin
nilai := 12;
writeln(nilai);
nilai := 46;
writeln(nilai);
nilai := 25;
writeln(nilai);
nilai := 93;
writeln(nilai);
nilai := 99;
writeln(nilai);
readln();
end.
